oleh

Sandiaga Uno Menjawab Keamarahan Susi Dengan Gurauan

Infoindo.id – Sandiaga Uno angkat bicara terkait kegeraman dari Susi Pudjiastuti yang selaku Menteri dari KKP terkait komentarnya soal Izin nelayan. Sebab Susi murka karena Sandi dinilai ngawur dalam mengeluarkan pernyataan mengenai surat izin penangkapan ikan atau SIPI.

Calon Wakil Presiden Nomor urut 2, tidak mempermasalahkan bila Susi menganggap komentarnya soal SIPI salah. Sandi memilih untuk tidak banyak berkomentar. Sandi sendiri mengatakan akan menanggapi teguran dari susi dalam satu-dua hari lagi.

“Bu Susi besok ya. Nanti kita bicarakan, selama saya belum ditenggelamkan nanti saja” ujar Sandiaga Uno sambil bergurau, saat ditemui dikediaman Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan, Rabu malam (17/10/2018).

Awal Dari Kekesalan Menteri Susi Terhadap Sandiaga Uno

Dimana pernyataan Sandi Uno terkait nelayan yang berbuntut panjang tersebut dimulai disaat dirinya blusukan di Indramayu pekan lalu. Pada Rabu (10/10/2018), Sandiaga Uno menyambangi tempat dari pelelangan ikan di Karangsong, indramayu.

Pada saat di tempat pelelangan ikan tersebut, Sandiaga menemui para nelayan yang mengeluh soal surat perizinan penangkapan ikan. Para nelayan mengeluhkan tidak dapat melakukan aktivitas biasa mereka yaitu melaut diakibatkan oleh birokrasi yang dinilai rumit.

Sontak Sandiaga yang mendengar keluhan dari para nelayan langsung merespon. Sandiaga mengatakan bahwa kubunya tidak akan mempersulit perizinan soal penangkapan ikan bila mereka berhasil memenangkan pemilihan presiden 2019.

Bahkan dirinya berjanji soal birokrasi akan dipangkas, “Prabowo-Sandi tidak akan melupakan jasa nelayan”. ujar Sandiaga Uno.

Menteri KPP tersebut langsung menanggapi maslah tersebut. Menurut beliau, tidak ada izin bagi nelayan dalam mencari ikan yang dipersulit.

“Saya tegaskan, nelayan yang memiliki kapal berukuran dibawah 10GT tidak diwajibkan mengurus izin, baik menangkap ikan maupun pelayaran. Kata pak Sandi,izin akan dipermudah nanti. Saya mau confirm, selama ini KKP tidak pernah menyulitkan izin-izin penangkapan ikan ” tutur Susi Pudjiastuti diGedung KKP.

Namun menurut Susi Pudjiastuti, sebelum berkomentar Sandiaga lebih baik mempelajari SIPI terlebih dahulu. Susi juga mengingatkan Sandiaga untuk berhati-hati berpendapat dengan berkaca pada kasus hoax dari persoalan operasi plastik Ratna Sarumpaet.

Peraturan penangkapan ikan yang dibuat Menteri Susi Pudjiastuti diberlakukan untuk kapal-kapal dengan berukuran besar diatas 30GT (Gross Tonnage). Adapun kapal kecil milik nelayan tak dikenai aturan tersebut. Untuk nelayan tak dikenai aturan tersebut. Untuk nelayan yang ukuran kapalnya dibawah 10GT, Susi telah membebaskan perizinannya sejak 7 November 2017.

“Jadi jangan asal ngomong dulu. Belajar dan baca dulu Undang-Undang Perikanan, baru komentar. Saya tidak suka sektor real seperti ini dibawa ke ranah politik. Saya marah dan ini sudah diingatkan. Mestinya politikus itu kalau mau buat komentar harus banyak riset dulu” tegas Susi.

Komentar

News Feed