oleh

Gempa Bumi Kembali Mengguncang Aceh Dengan kekuatan 5,3 SR, Masyarakat Diharap Tetap Tenang

infoindo.id – Gempa Bumi yang menggungcang aceh terjadi pada hari kamis ( 18/10/2018 ), tepatnya pukul 11:29 WIB. Pusat gempa terletak di aceh barat pada kordinat 96,21 BT dan 4.72 LU dengan kekuatan 5.3 SR dengan kedalaman 10 KM.

Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ), bahwa gempa berpusat di Kabupaten Aceh Barat. Gempa yang terjadi ini juga terasa sampai Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Pidi.

“Saya tidak merasakannya, tahu – tahu ada informasi gempa, beda dengan gempa Senin (15/10/2018) malam, itu cukup terasa,” kata salah seorang warga yang ada di Melaboh aceh tengah.

aktivitas warga juga terlihat normal dan tidak ada kepanikan, seakan tidak merasakan apapun dampak dari gempa kedua dalam sepekan ini.

“Gempa ini dalam, sehingga tidak terasa kekuataan gempanya, saya sendiri saja tidak terasa”. kata prakirawan BMKG, Stasiun Meulaboh, di Nagan Raya, Angga Yudha.

Berdasarkan kondisi geologi wilayah – wilahyah yang terkena gempa hanya tersusun oleh berbatuan. Menurut BMKG guncangan terasa sampai daerah Lhokseumawe, Bireun, Meulaboh, dan Calang.

Wilayah-wilayah ini terutama yang berdekatan dengan pusat gempa bumi tersusun oleh batuan gunung api dan metamorf yang berumur PraTersier, batuan sedimen Tersier dan batuan gunung api Kuarter yang sebagian telah terlapukkan.

Batuan yang telah mengalami pelapukan tersebut bersifat urai, lepas, belum kompak sehingga bersifat memperkuat efek guncangan gempa , jelas Kasbani.

Kasbani juga mengatakan bahwa gempa aceh ini berasosiasi dengan aktivitas Sesar Sumatera.

Gempa terbesar akan lebih terasa wilayah yang berdekatan dengan pusat gempa, kemudian akan semakin melemah dengan bertambah jarak dari pusat gempa.

Gempa Bumi Tidak Berpotensi Tsunami

Menurut BMKG Gempa bumi tidak menyebabkan tsunami, karena pusat gempa ada di darat. PVMBG menghimbau selalu tetap tenang dan mengikuti arahan informasi dari petugas BPBD setempat.

Sebelumnya pada Senin malam, Meulaboh juga digoyang gempa berkuatan 5,4 SR pada pukul 23.26 WIB.

Gempa menjelang dini hari tersebut sempat membuat warga berhamburan keluar rumah meskipun getarannya hanya sekali hentakan.

Ketika itu, BMKG menyatakan gempa yang terjadi di wilayah perairan Kabupaten Aceh Barat tersebut juga tidak memicu terjadinya gelombang tsunami.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Masyarakat juga di minta untuk tetap waspada terhadap gempa susulan, dengan prediksi kekuatan gempa yang lebih rendah.

Masyarakat juga harus berpikir bijak dan selalu menunggu informasi terkini oleh BPBD.

Komentar

News Feed