oleh

Mengenang Om Bob Dengan Wejangan Nyentiknya

Infoindo.id – Bambang Mustari Sadino atau yang lebih dikenal dengan panggilan Om Bob Sadino,lahir di Lampung 9 Maret 1933 dan telah meninggal dunia di Jakarta, 19 Januari 2015 lalu.

Pada tahun 1994 Sekolah Dasar di Yogyakarta dan SMP pada tahun 1950 di Jakarta, melanjutkan ke tingkat SMA pada tahun 1953.

Setelah lulus SMA, Om Bob memulai kariernya sebagai karyawan Unilever. Selama di Amsterdam dan Hamburg, ia bekerja di Jakarta Llyod sebagai karyawan mulai tahun 1950-1967.

Bob Sadino adalah pebisnis nyentrik yang dikenal sebagai pemilik jaringan usaha Kemfood dan Kemchick.
Beliau meninggal di Rumah Sakit Pondok Indah setelah 1 tahun melawan penyakit komplikasinya.

Om Bob mengawali usahanya dengan mengembangkan peternakan ayam. Dia merupakan orang pertama yang memperkenalkan ayam negeri beserta telurnya ke Indonesia.

Sebagai entrepreneur sejati, dia memiliki gaya yang nyentrik dengan pola pikir yang unik dan cenderung keluar dari landasan teori maupun buku teks ekonomi.

Pengusaha sukses dengan ciri khasnya berpakaian kemeja dan celana pendek  itu akan sangat dirindukan oleh banyak orang setelah menutup usia pada hari Senin, 19 Januari 2015.

Bagaimana tidak, dia telah biasa memberikan inspirasi hebat bagi para generasi muda penerus bangsa yang ingin menjadi pengusaha sukses.

Memasuki tahun 2012, Om Bob sempat meluncurkan berbagai buah pemikirannya yang dikenal dengan nama ‘Go Blog Management‘ ala dirinya.

“Goblok” adalah kata ciri khas dari Om Bob yang bahkan beliau sendiri mengatakan bahwa dia adalah orang goblok yang berani melangkah, dibandingkan orang pintar yang kebanyakan berpikir namun tidak pernah melangkah.

Walau kini sudah tiada, banyak pelajaran dari Bob Sadino yang takkan terlupakan dan akan tertap dikenang.

Om Bob Sadino
Om Bob Sadino

Beberapa wejangan dari Om Bob (1933-2015)

  • Membawa selusin bodyguard bukan jaminan keamanan. Tapi rendah hati, ramah, dan tidak mencari musuh itu adalah kunci keamanan.
  • Jika Anda bilang Anda susah, masih banyak orang yang lebih susah dari Anda. Jika Anda bilang Anda kaya, masih banyak orang yang lebih kayak dari Anda. Di atas langit masih ada langit. Suami, istri, anak, jabatan, harta adalah titipan sementara. Itulah kehidupan.
  • Orang goblok itu gak banyak mikir yang penting melangkah, orang pintar kebanyakan mikir akhirnya tidak melangkah.
  • Dibalik setiap harapan diikuti kekecewaan, maka berhentilah berharap.
  • Saya bisnis cari rugi, ketika rugi saya semangat, ketika untung saya bersyukur.
  • Orang pintar itu bekerja keras untuk melamar kerja. Orang goblok  itu berjuang keras itu sukses agar bisa bayar pelamar kerja.
  • Bisnis itu hanya modal dengkus bahkan jika Anda tidak punya dengkul pinjam dengkul orang lain.
  • Banyak orang bertanya ‘Bisnis apa yang BAGUS?’ Jawabnya, ‘Bisnis yang bagus adalah yang DIBUKA, bukan yang ditanya terus.
  • Sekolah terbaik adalah sekolah jalanan, yaitu sekolah yang memberikan kebebasan kepada muridnya supaya kreatif.
  • Orang pinter yang hebat dalam analisis, sangat mungkin berpikir negatif tentang sebuah bisnis, karena informasi yang dikumpulkan sangat banyak. Sedangkan orang bodoh tidak sempat berpikir negatif karena harus segera berbisnis.
  • Orang goblok sulit dapat kerja akhirnya usaha sendiri, ketika sukses orang goblok mempekerjakan orang pinter.
  • Setinggi apapun pangkat yang Anda miliki Anda tetap seorang PEGAWAI, sekecil apapun usaha yang Anda punya, Anda adalah BOSNYA.
  • Bergayalah sesuai isi dompetmu, yang benaran punya gak akan banyak bicara seperti mereka yang berlaga sok punya.

 

Komentar