oleh

Destinasi Wisata Kepulauan Nias Yang Tidak Kalah Dari Luar Negeri

Infoindo.id – Kepulauan Nias merupakan salah satu dari kepulauan yang ada di Indonesia dan bagian dari wilayah Sumatera Utara.

Sumatera Utara dapat dikatakan wilayah yang memiliki tempat wisata yang paling banyak di Indonesia. Salah satunya wisata di Kepulauan Nias, wisata tersebut tidak kalah dari destinasi wisata lainnya.

Sehingga mampu menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara. Tidak hanya memiliki destinasi wisata yang menarik, kebudayaan yanga da juga sangat menarik perhatian dari mancanegara.

Untuk dapat akses menuju Pulau Nias, kamu dapat menempuhnya dengan dua jalur yaitu:

Jalur Laut = Dari Pelabuhan Sibolga – Pelabuhan Binaka Gunung Sitoli, anda dapat menempuh perjalanan selama 10 jam.

Jalur Udara = Melalui jalur udara anda dapat menempuh dari 3 bandara,  Bandara Kualanamu Medan-Bandara Binaka Gunung Sitoli, Bandara Padang serta yang baru diresmikan penerbangan dari Jakarta.

Diyakini destinasi yang akan anda kunjungi di Kepulauan Nias tidak akan mengecewakan anda. Karena destinasi tersebut dapat memanjakan mata anda dan menghilangkan penat yang ada selama beraktifitas biasanya.

Berikut destinasi wisata yang menarik dan menakjubkan di Kepulauan Nias.

 

Pantai Tureloto

Kepulauan Nias

Kepulauan Nias memang merupakan bagian dari Sumatera Utara, dimana diketahui memiliki banyak destinasi wisata yang berupa pantai. Salah satu wisata pantai di Kepulauan Nias yaitu Pantai Tureloto, yang terletak di Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara. Pantai satu ini memiliki keistimewaan tersendiri yaitu anda dapat melihat air laut yang jernih dan pemandangan batu karang yang terangkat keatas.

Sejak terjadinya gempa bumi pada tahun 2005 silam, mebuat perubahan yang sangat besar dan mendasar dari pantai ini. Diantara hamparan pasir pantai yang ada terdapat beragam jenis batuan karang yang semakin menambah keindahan dari pantai ini. Untuk me;ihat keindahan dari pantai ini, anda sangat disarankan untuk berkunjung pada siang hari.

Sebab siang hari menjadi waktu yang sangat tepat untuk melihat keindahan dari pantai tureloto. Anda dapat melihat Laut biru yang bercampur dengan pasir pantai yang kecoklatan dan karang. Walau berhadapan langsung dengan samudera Hindia, pantai ini tidak memiliki ombak besar, justru anda dapat berenang di pantai tureloto dengan nyamannya.

Untuk anda yang tidak memiliki keterampilan berenang anda tidak perlu takut untuk menikmati air laut Tureloto. Sebab yang membuat pantai ini sangat diminati, anda dapat dengan mudah mengapung diatas laut. Pantai Tureloto memiliki kadar garam yang tinggi, sehingga membuat anda dengan mudah mengapung diatasnya. Pantai ini juga disebut Laut Matinya Indonesia.

Walau memiliki kadar garam yang tinggi, pantai ini juga menyimpan kehidupan biota laut yang kaya didalamnya.

Pulau Asu

Memang nama pulau yang satu ini sangat aneh dari yang lain, sebab arti kata asu sendiri merupakan sebutan dari hewan anjing. Namun untuk keindahan dari pantai asu tidak perlu diragukan lagi.

Bahkan pulau Asu memiliki sebutan tersendiri bagi wisatawan mancanegara yaitu “Paradise on the Earth”. Pulau ini masuk kedalam Kepulau Hinako yang terdiri dari 8 pulau yang memiliki khas sendiri.

Hingag saat ini pulau Asu lah yang menjadi trend bagi pulau Hinako dan terletak di Kabupaten Nias Barat. Pulau ini memiliki air laut yang jernih, sehingga anda dapat dengan mudah melihat keindahan didasar laut.

Pulau Asu sangat cocok untuk kegiatan snoorkeling dan diving untuk menikmati keindahan bawah laut yang ada di pulau Asu tersebut. Sebab Pulau ini tidak kalah dari keindahan pada destinasi yang ada diBali.

Sebab anda dapat melihat berbagai jenis terumbu karang, koral, ikan hias berwarna-warni yang menjadi suguhan yang sangat menawan. Yang istimewa lainnya Pulau Asu yaitu, gulungan Ombak yang tinggi untuk kamu yang hobi surfing.

Serta tidak kalah menawan lagi pemandangan pada saat matahari terbenam sangat mempesona, sangat cocok untuk anda berselfi ria atau befoto romantis dengan si doi.

Pantai Lagundri dan Sorake

Destinasi selanjtunya yang wajib untuk kamu kunjungi di Kepulauan Nias yaitu pantai Lagundri dan Sorake. Pantai yang terletak di desa Botohilitano Kabupaten Nias Selatan, pantai ini sangat cocok untuk anda pecinta Surfing. Ombak Nias sangat terkenal diseluruh dunia karena massive break.

Ombak yang sangat sempurna pertama kali ditemukan dipulau Nias oleh seorang peselancar asal Australia. Tidak heran hingga saat ini pulau Nias menjadi tuan rumah bagi kejuaraan Surfing Terbuka Indonesia.

Pantai ini juga masuk kedalam daftar 10 pantai terbaik didunia untuk melakukan surfing dengan tinggi ombak yang dapat mencapai delapan hingga sepuluh meter dan panjang hingga berkilo-kilo meter.

Biasanya untuk mendapatkan moment yang sangat bagus, anda sebaiknya mengunjunginya pada bulan juni atau juli. Karena pada bulan tersebut anda akan mendapatkan cuaca dan ombak yang sangat sempurna.

Pulau Tello

Pulau Tello telah menjadi destinasi wisata yang sangat diminati oleh wisatawan mancanegara. Sebab selain memiliki panorama yang indah anda juga akan mendapatkan gulungan ombak yang sangat besar.

Selain itu ditempat ini memiliki pasir yang sangat lembut dan menyimpan kekayaan bawah laut yang mampu memanjakan mata anda saat berenang. Dan juga pemandangan sunrise dan sunset sangat eksotis yang dapat kamu jadi moment saat berselfi ria.

Pantai Ladeha

Untuk pantai yang terletak di desa Amandraya Kabupaten Nias Selatan menjadi pantai yang lain dari yang lain. Nias Selatan memang merupakan ikon pariwisata di Kepulauan Nias, karena menyimpan panorama pantai yang sangat banyak. Salah satunya yaitu pantai ladeha, pantai yang memiliki keunikan tersendiri. Dimana mempunyai keberadaan kolam terbentuk alami oleh batu karang yang ada.

Pantai Pasir Berbisik

Pantai Pasir Berbisik ini terletak di Kecamatan Sawo Kabupaten Nias Utara. Nama pantai ini diambil dikarenakan adanya suara yang keluar menyerupai nada dari pasir ketika para pengunjung berjalan menyusuri pantai diatas pasir tersebut.

Pantai satu ini juga memiliki keunikan yang lain yaitu dimana biasanya pantai akan dibatasi dengan pohon kelapa namun tidak dengan pantai ini. Saat berada dipantai ini anda akan melihat pohon pinus yang membatasi pantai tersebut dengan tersusun rapi dan bagus untuk menaungi pantai.

Pantai Gawu Soyo

Sesuai namanya pantai ini memiliki pasir yang berwarna kemerahan berada di Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara. Sehingga membuat dari kejauhan pantai ini diselimuti oleh tanah liat, karena memiliki warna merah yang sangat pekat.

Selain warna pasir yang kemerahan, pantai ini juga merupakan habitat spesies penyu langka di Indonesia yang terkadang keluar dan menyusuri pantai membuat tempat ini memiliki daya tarik tersendiri.

 

Komentar

News Feed