oleh

Sakit Pinggang ? 3 Posisi Tidur ini Akan Membantu Anda

Infoindo.id – Sakit pinggang adalah sakit yang sangat mengganggu aktivitas sehari – hari dan juga kenyaman anda saat tidur.

Posisi tidur yang tidak tempat juga dapat memperparah rasa sakit yang ada di pingganng.

Oleh itu, anda juga harus mengetahui posisi tidur yang baik, agar kualitas tidur dan kondisi kesehatan yang lebih baik.

Posisi tidur yang dianjurkan untuk penderita sakit pinggang

Saat tidur, penting untuk menjaga lekukan alami tulang belakang dengan memastikan kepala, bahu, dan pinggul berada dalam keadaan selaras.

Posisi tidur yang buruk bisa memberi tekanan pada bagian-bagian tersebut yang dapat memperparah rasa sakit pada bagian pinggang belakang.

Berikut berbagai posisi tidur yang bisa Anda terapkan jika sedang sakit belakang.

1. Posisi telentang dengan bantal untuk mengganjal lutut

Posisi telentang dengan bantal untuk mengganjal lutut

Berbaring telentang dengan punggung lurus di atas kasur dianggap sebagai posisi tidur terbaik untuk kesehatan punggung.

Pasalnya, punggung berada dalam posisi lurus sehingga berat tubuh dapat tertopang dengan baik secara merata.

Posisinya :

  • Berbaringlah terlentang menghadap langit-langit. Hindari memiringkan kepala ke samping kanan maupun kiri.
  • Gunakan bantal yang empuk dan nyaman untuk menunjang kepala dan leher.
  • Tempatkan bantal kecil di bawah lutut.
  • Untuk mendapatkan topangan tambahan, Anda bisa mengisi celah lain antara kepala dan lutut dengan bantal tambahan misalnya di punggung bagian bawah

 

2. Posisi telentang dengan posisi menyandar dan berbaring

Posisi telentang dengan posisi menyandar dan berbaring

Posisi ini dilakukan persis seperti saat Anda duduk pada kursi yang memiliki sandaran.

Tidur dalam posisi berbaring bisa memberi keuntungan pada penderita sakit pinggang belakang, terutama pada orang dengan spondylolisthesis isthmic.

Spondylolisthesis isthmicadalah kondisi di mana salah satu ruas atas tulang belakang Anda tergeser ruas di bawahnya. Oleh karena itu posisi tidur ini sangat aman bagi punggung Anda. A

nda bisa menempatkan tangan di atas perut dan dada atau di samping tubuh, tergantung kenyamanan Anda.

3. Posisi menyamping dengan bantal atau guling di antara kedua lutut

Tidur menyamping menjadi salah satu posisi tidur favorit hampir semua orang. Sayangnya bagi penderita sakit pinggang belakang, posisi ini bisa menekan pinggang dan menarik tulang belakang keluar dari posisi. Namun, Anda tetap bisa menggunakan posisi tidur menyamping dengan cara menyelipkan bantal atau guling di antara kedua lutut. Bantal akan menjaga pinggul, panggul, dan tulang belakang Anda dalam posisi yang lebih baik.

Tidur menyamping menjadi salah satu posisi tidur favorit hampir semua orang.

Sayangnya bagi penderita sakit pinggang belakang, posisi ini bisa menekan pinggang dan menarik tulang belakang keluar dari posisi.

Namun, Anda tetap bisa menggunakan posisi tidur menyamping dengan cara menyelipkan bantal atau guling di antara kedua lutut. Bantal akan menjaga pinggul, panggul, dan tulang belakang Anda dalam posisi yang lebih baik.

Posisinya :

  • Cobalah berbaring di kasur dengan posisi miring ke kanan atau kiri.
  • Posisikan bantal yang empuk dan nyaman untuk menunjang kepala dan leher.
  • Tekuk lutut sedikit kemudian letakkan bantal atau guling di antara keduanya.
  • Untuk mendapatkan penopang tambahan, Anda bisa mengisi celah yang kosong antara pinggang dengan kasur menggunakan bantal.

Komentar

News Feed