oleh

Anda Bukan Otomotif Jika Belum Tahu Kegunaan Pentil Ban Motor !

InfoIndo.id –  Bulan oktober adalah bulan dimana sering terjadi hujan di berbagai daerah. Sepada motor adalah salah satu alternatif yang sering di pakai pada saat musim hujan.

Bagian yang pertama terkena air juga ada banjir atau air tergenang adalah ban motor. Di saat itu hal yang paling penting ban adalah pentil.

Meski terlihat sepele dan tidak berguna ternyata pentil ban motor memberikan kontribusi yang besar pada saat hujan.

Dari berbagai informasi, pentil ban tersebut harus dilindungi dengan baik agar tidak kemasukan air dan sejumlah kotoran lainnya.

Kita ketahui bersama, air hujan mengandung zat garam, sehingga bisa menimbulkan korosi pada bagian pentil, khususnya pada bagian karet silnya.

Jika kita biarkan terus-menerus bisa rusak, untuk itu pentingnya memasang tutup pentil tersebut

 

Pentil Ban Motor

Kegunaan Memakai Pentil Ban Motor

Menurut Andry Adam, Sales Training Manager PT Goodyear Indonesia, Tbk mengatakan bahwa bukan sekadar penahan tekanan angin yang keluar melalui pentil.

Ada fungsi vital dari penutup tersebut. Yaitu melindungi pentil dari kotoran dan debu yang masuk dan menempel pada pentil.

Kenapa pentil ban wajib memakai penutup? Dengan begitu, pentil akan terlindungi dari kotoran dan debu. Sehingga pentil pun akan awet dan tidak mudah rusak,” ujar Andry.

Kerugian Jika Tidak Ada Pentil Ban Motor

Jika anda biarkan motor anda tanpa penutup pentil ban akan banyak kerugian yang anda dapatkan, jangka pendek atau pun jangka panjang.

Untuk jangka pendeknya anda akan mengalami kepes pada ban, karna di dalam ban terdapat air hujan yang masuk karna tidak memiliki tutup pentil.

Jangka panjangnya pentil tidak dilindungi oleh penutup, debu atau kotoran akan menempel pada komponen pentil bagian dalam seperti seal karet.

Ketika kita sedang menambah tekanan angin ban, maka kotoran itu akan terdorong masuk dan merusak seal pentil.

Hasilnya, pentil pun akan rusak dan harus diganti dengan yang baru.

 

Komentar

News Feed