Awal Tahun Baru Sejumlah Komoditi Sayur Mayur Mengalami Lonjakan Harga

0
133
Awal Tahun Baru Sejumlah Komoditi Sayur Mayur Mengalami Lonjakan Harga

TARAKAN — Diawal tahun baru 2023 sejumlah komoditi sayur mayur di pasar tradisional Gusher Tarakan mengalami lonjakan harga.

Seperti kangkung, bayam, dan kol kenaikan harganya mencapai dua kali lipat dibandingkan harga jual normalnya.

Seorang pedagang sayur, Ramlah mengatakan, kenaikan harga untuk sayur mayur terjadi sejak sebelum tahun baru.

“Yang naik harga kangkung dari sananya 9 ribu dijual 10 ribu, padahal biasanya hanya 5 ribu. Bayam juga dari 7 ribu sekarang di sananya 12 ribu dan dijual 13 ribu,” katanya.

Lanjut, Ramlah menuturkan, selain kangkung dan bayam, kenaikan harga juga terjadi pada komoditi kol dan cabe.

“Kol harganya sekarang saya jual 15 ribu, terus untuk cabe kecil lokal sangat tinggi harganya sekarang 110 ribu per kilo biasanya hanya 75 atau 80 ribu saja. Cabe merah besar juga sama naik menjadi 40 ribu dari harga 25 ribu per kilonya,” tuturnya lagi.

Kenaikan sejumlah komoditi sayur mayur dan cabe ini merupakan dampak dari tahun baru, dimana permintaan konsumen di pasaran sangat tinggi.

Selain itu, pedagang memastikan bahwa pasokan sayur mayur dari daerah asal belum masuk lagi ke Tarakan, sehingga berkurangnya stok di pasar yang menyebabkan lonjakan harga terjadi.

“Pengiriman sayuran dari luar daerah luar belum datang lagi, nanti dua atau tiga hari ke depan mungkin datang kapal, jadi pasokan sayur banyak lagi dan harga bisa turun lagi,” pungkas Ramlah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here