Kuliah di UT Dinilai Sangat Menarik, Ini Alasannya

0
174


Istimewa/Universitas Terbuka Tarakan 
WORKSHOP JURNALISTIK : Ketua Dewan Kehormatan PWI Kalimantan Utara, H Rachmat Rolau sebagai narasumber dalam Workshop Jurnalistik Zaman Now di Universitas Terbuka Kota Tarakan, beberapa waktu lalu. 

TARAKAN, infoindo.id – Belum lama ini, Universitas Terbuka (UT) menggelar Workshop Jurnalistik Zaman Now. Workshop tersebut dihadiri 70 peserta yang merupakan perwakilan pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau kejuruan, serta perguruan tinggi se- Kota Tarakan.

Dalam kesempatan sesi wawancara, salah satu staf UT Kota Tarakan, Arif Tri Atmaja, S.Pd menjelaskan, universitas ini tentu berbeda dengan Universitas Negeri lainnya. Kata dia, Universitas Terbuka mampu menerima mahasiswa dari berbagai kalangan dan usia untuk tetap dapat menuntut ilmu.

“Universitas Terbuka di Indonesia tetap bisa eksis di dunia pendidikan, khususnya di dunia perkuliahan. Itu karena tidak ada batasan usia untuk kuliah,” ungkap Arif kepada peserta Workshop Jurnalistik Zaman Now.

Lebih jauh dijelaskan, kampus ini sudah mendirikan cabang di berbagai kota di Indonesia. Untuk sistem perkuliahan dapat dilakukan online maupun tatap muka.

“Dengan begitu, jam kuliah tidak menggangu jam kerja mahasiswa yang mempunyai pekerjaan,” ujarnya.

Arif menyebutkan, sejak tanggal 22 Mei 2022, tercatat sebanyak 346.584 mahasiswa yang terdaftar di UT di seluruh Indonesia. UT juga pernah mendapatkan rekor MURI pada tahun 2019 dengan jumlah mahasiswa yang diluluskan banyak terserap sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Untuk diketahui, UT memiliki 4 Fakultas dengan 43 program studi. Sementara itu, Universitas Terbuka di Kota Tarakan mempunyai Kelompok Belajar (Pokjar) yang tersebar di 5 kabupaten/kota di Kalimantan Utara.

“Tugas dari Pokjar itu sendiri adalah memberikan ilmu secara langsung kepada mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Terbuka,” katanya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here