Pele Legenda Sepak Bola Dunia Asal Brazil Meninggal Dunia

0
116
Pele Legenda Sepak Bola Dunia Asal Brazil Meninggal Dunia.

INFOINDO.ID — Legenda sepak bola dunia asal Brazil, Edson Arantes do Nascimento atau lebih populer dengan panggilan Pele, dikabarkan meninggal dunia dalam usia 82 tahun.

Pele dilahirkan di Minas Gerais, Brazil, 23 Desember 1940. Dalam karier sepakbolanya, Pele menghabiskan 18 tahun awal karier profesionalnya bersama tim Santos.

Pele melakoni debut bersama Santos
di usia 15 tahun dan membukukan 618 gol dari 636 penampilan bersama klub Brazil itu, sebelum menuntaskan tiga tahun terakhirnya di Amerika Serikat dengan berseragam New York Cosmos.

Bersama Santos, Pele mengantarkan klub itu mengoleksi 25 trofi termasuk enam gelar juara Campeonato Brasileiro Serie A, dua trofi Copa Libertadores, dan dua trofi Piala Intercontinental.

Pele melegenda dengan menjadi satu-satunya pemain sepakbola yang memiliki 3 gelar Piala Dunia yakni 1958, 1962 dan 1970.

Sebenarnya, awal karier Pele di Timnas Brazil tidak begitu indah. Karier Pelé bersama Brazil dimulai pada 7 Juli 1957 di mana Brazil menghadapi Argentina.

Pada pertandingan tersebut Pele dan kolega harus takluk dari Argentina dengan skor 1-2.

Pelé mencetak salah satu gol dalam pertandingan itu pada usia 16 tahun 9 bulan, sebuah rekor untuk Brazil sebagai pemain termuda yang pernah tampil untuk Brazil. Pele tercatat mampu mencatatkan 77 gol Internasional bersama Brazil.

Pele gantung sepatu usai memperkuat tim asal Amerika Serikat,  New York Cosmos pada tahun 1977 atau 7 tahun sesuai dirinya meraih gelar Piala Dunia ketiganya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here